Dampak Pertambangan Tradisional Dan Modern Terhadap Sosial Ekonomi Masyarakat (Studi Kasus: Di Kecamatan Naga Juang Kabupaten Mandailing Natal)

Nasution, Nur Azizah (2020) Dampak Pertambangan Tradisional Dan Modern Terhadap Sosial Ekonomi Masyarakat (Studi Kasus: Di Kecamatan Naga Juang Kabupaten Mandailing Natal). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
bismillah skripsi azizah.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keadaan sosial ekonomi para penambang dan masyarakat dengan adanya pertambangan, dampak yang ditimbulkan dari pertambangan tradisional dan modern kepada masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan data primer menggunakan metode wawancara. Hasil penelitian membuktikan bahwa dengan adanya pertambangan di Kecamatan Naga Juang dalam aspek sosial pertambangan memberikan perubahan pola pikir masyarakat dalam bekerja yang awalnya berprofesi sebagai petani dan berkebun berubah menjadi penambang untuk mendapatkan uang lebih cepat dan juga menimbulkan konflik sosial berupa kecemburuan sosial antara sesama masyarakat yang dimana lokasi pertambangan ini sendiri berada di kawasan hutan masyarakat tetapi hanya pertambangan modern yang di sahkan oleh pemerintah tanpa adanya persetujuan dari masyarakat setempat. Sedangkan dalam segi ekonomi pertambangan memberikan dampak peningkatan pendapatan masyarakat setempat dimana makin banyaknya aset yang diperoleh masyarakata sejak adanya pertambangan sehingga menyebabkan meningkatnya gaya hidup masyarakat dan juga berdampak terhadap pengangguran di lingkungan masyarakat. Dengan adanya pertambangan modern mangakibatkan dampak yang merugikan masyarakat yaitu menggunakan alat – alat berat dan bahkan bom untuk mendapatkan butiran – butiran emas sehingga masyarakat khawatir seringnya terjadi bom akan berdampak terhadap bangunan masyarakat akan rubuh, sedangkan dampak yang ditimbulkan dari pertambangan tradisional adalah pembuangan limbah pertambangan ke sungai sehingga tercemarnya air di aliran masyarakat

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 07 Apr 2021 09:16
Last Modified: 07 Apr 2021 09:16
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11321

Actions (login required)

View Item View Item