Penanaman Nilai-Nilai Spiritual Dalam Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Pada Siswa MAS Al Maksum Stabat

Abdillah, Khairunnisa (2020) Penanaman Nilai-Nilai Spiritual Dalam Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Pada Siswa MAS Al Maksum Stabat. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
TESIS NISA SIDANG SELESAI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penanaman nilai-nilai spiritual dalam mata pelajaran aqidah akhlak materi asmaul husna pada siswa Madrasah Aliyah Swasta Al Maksum Stabat . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Apakah nilai-nilai spiritual yang terdapat dalam pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Swasta Al Maksum Stabat. (2) Bagaimana proses internalisasi nilai-nilai spiritual dalam pembelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Swasta Al Maksum Stabat. (3) Bagaimana persepsi guru terhadap faktor pendukung dan penghambat dalam menanamkan nilai-nilai spiritual melalui pembelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Swasta Al Maksum Stabat. Yang menjadi bahan penelitian adalah guru agama bidang studi aqidah akhlak yang menjadi sampel dalah siswa kelas X Madrasah Aliyah Swasta Al Maksum Stabat Jenis penelitian ini adalah kualitatif, dengan deskriptif analisis. Alat pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi. Menganalisis peneliti menggunakan dua tahap yaitu pengolahan data dan analisis data, dalam hal menganalisis data peneliti juga menggunakan dua metode yaitu analisis sebelum lapangan dan analisis lapangandari kedametode tersebutakan dpatditarik kesimpulan dari hasil penelitian yang dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai spiritual pada mata pelajaran aqidah akhlak materi asmaul husna yaitu nilai keimanan (Tauhid), nilai ketakwaan (Ibadah), dan nilai akhlak. Proses penanaman nilai-nilai spritual yang dilakukan guru mata pelajaran aqidah akhlak dalam pengajarannya kepada siswa, dilakukan dengan cara pembiasaaan. Faktor yang mendukung dalam pelaksanaan pembelajaran aqidah akhlak dimulai dari apa yang ada didiri guru itu sendiri. Faktor yang paling mendukung dalam kegiatan ini adalah strategi guru dan pendekatannya kepada siswa, kemudian faktor pendukung lainnya juga tidak lepas dari lingkungan bermain yang baik dan dukungan dari orangtua yang paling terpenting. Sedangkan faktor penghambat yaitu siswa yang kurang patuh terhadap peraturan yang telah dibuat, kemudian waktu pelaksanaan yang kurang tepat, serta yang terpenting adalah dukungan orangtua untuk ikut mengontrol anaknya dirumah

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Master Pendidikan Agama Islam > Thesis
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 07 Apr 2021 08:23
Last Modified: 07 Apr 2021 08:23
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11317

Actions (login required)

View Item View Item