Harahap, Rini Yurika (2019) Pengaruh Model Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas IV SD Negeri 105328 Dagang Kerawan Tanjung Morawa. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
|
Text
SKRIPSI RINI YURINA HRP NIM. 36.15.1.017.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui:1) Hasilbelajarsiswa di kelas kontroldenganmenggunakan model Konvensionalpadamatapelajaran IPS. 2) Hasilbelajarsiswa di kelasEksperimendenganmenggunakan model Picture and Picture padamatapelajaran IPS 3) pengaruh yang signifikan antara modelPicture and Picture padamatapelajaran IPS. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Experiment(eksperimen semu). Populasidalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang terdiri dari 2 kelasberjumlah 45 siswa. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes pilihan berganda berupa pre test dan post test sebanyak 10 soal yang telah divalidkan dosen ahli dan siswa. Analisis data yang digunakan yaitu t-test. Temuan penelitian ini sebagai berikut : 1) hasil belajar IPS siswa dilihat dari rata- rata nilai tes akhir (post tes)pada kelas eksperimen (IVB) dengan menggunakan modelPicture and Picture diperoleh rata-rata post test88,10 sedangkan kelas kontrol (IVB) dengan menggunakan ceramah danmedia buku paket pembelajaran IPS diperoleh rata-rata post test55,00. Berdasarkan hasil rata-rata post test bahwa pembelajaran menggunakan modelpembelajaranPicture and Picture memiliki hasil belajar yang lebih baik, 3) Berdasarkan uji statistik t pada data post test bahwa diperoleh media gambar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil perhitungan uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 0,056> 0,013 sekaligus menyatakan terima Ha dan tolak H0 pada taraf α= 0,05 atau 5% yang berarti “Terdapat pengaruh yang signifikan modelPicture and Picture terhadap hasil belajar IPSSD Negeri 105328 Dagang Kerawan Tanjung Morawa
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 07 Apr 2021 07:52 |
Last Modified: | 07 Apr 2021 07:52 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11310 |
Actions (login required)
View Item |