Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Umul Qurra Tembung Melalui Media Audio Visual Pada Pembelajaran PKn

Zahara, Melly (2020) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Umul Qurra Tembung Melalui Media Audio Visual Pada Pembelajaran PKn. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MELLY ZAHARA1.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) Untuk mengetahui hasil belajar sebelum menggunakan media Audio Visual pada mata pelajaran PKn di kelas V MIS Umul Qurra, Tembung; 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa sesudah menggunakan media Audio Visual pada mata pelajaran PKn di kelas V MIS Umul Qurra, Tembung; 3)Untuk mengetahui penerapan media Audio Visual dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di MIS Umul Qurra Penelitian ini menggunakan Jenis Penelitian Tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di MIS Umul Qurra Tembung Subjek penelitian ini adalah siswa/i kelas V dengan jumlah siswa 28 orang. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: Hasil belajar siswa kelas V MIS Ummul Qura pada mata pelajaran PKn materi Menjaga Keutuhan Negara Republik Indonesia sebelum Penggunaan Media Pembelajara Audio Visual masih sangat rendah. Hal ini dapat dilihat dari rendahnya presentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal yang hanya 12 dari 28 orang siswa (42%) yang dinyatakan tuntas dengan nilai rata-rata 61,07. Hasil penelitian ini berupa peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PKn materi Menjaga Keutuhan Negara Republik Indonesia dengan menggunakan Media Audio Visual pada saat siklus I nilai rata-rata kelas V, 61,42 dengan tingkat ketuntasan 18 orang siswa (64%) sedangkan pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat mencapai 81,85 dengan tingkat ketuntasan 23 orang siswa (92%).

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 06 Apr 2021 14:52
Last Modified: 06 Apr 2021 14:52
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11307

Actions (login required)

View Item View Item