Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V MIN 4 Medan Barat

Lubis, Elis Nurainy (2020) Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V MIN 4 Medan Barat. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ELIS LBS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V tanpa menggunakan Media Audio Visual di MIN 4 Medan Barat (2) Hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V dengan menggunakan Media Audio Visual berupa vidio di MIN 4 Medan Barat (3) Pengaruh penggunaan Media Audio Visual berupa vidio terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V di MIN 4 Medan Barat. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian quasi eksperimental desain (non equivalent control group design). Sampel dalam penelitian terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang berjumlah 50 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes pretest dan postest. Teknik analisi data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji t). Hasil penelitian diperoleh bahwa, hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia tanpa menggunakan media audio visual adalah dengan nilai rata – rata 78,16. Hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan Media Audio Visual berupa vidio adalah dengan nilai rata – rata 82,84. Hasil uji t diperoleh thitung> ttabel yaitu 2, 584> 2, 010 dengan taraf signifikan 0,05 atau 5% yang menyatakan Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini membuktikan media Audio Visual memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V MIN 4 Medan Barat.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Eksperimen, Hasil Belajar Bahasa Indonesia
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 01 Apr 2021 08:03
Last Modified: 01 Apr 2021 08:03
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11302

Actions (login required)

View Item View Item