Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA di Kelas V MIS Ummul Quraa Tembung

Hanny, Ellya (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA di Kelas V MIS Ummul Quraa Tembung. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ELLYA HANNY 1.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan tidak menggunakan model pembelajaran Inkuiri di kelas V MIS Ummul Quraa Tembung, 2)Untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunaan model Inkuiri pada mata pelajaran IPA di kelas V MIS Ummul Quraa Tembung, 3)Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri terhadap hasil belajar siswa di kelas V MIS Ummul Quraa Tembung. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian quasi eksperimental desain (non equivalent control group design). Sampel dalam penelitian terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang berjumlah siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes pretest dan postest. Teknik analisi data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji t). Hasil penelitian diperoleh bahwa, hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan tidak menggunakan model pembelajaran adalah dengan nilai rata – rata 76,74074. Hasil belajar pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri adalah diperoleh dengan nilai rata – rata80,2069. Hasil uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,371 > 2,006 dengan taraf signifikan 0,05 atau 5% yang menyatakan Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini membuktikan Model Pembelajaran Inkuiri memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPA di kelas V MIS Ummul Quraa Tembung

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Inkuiri, Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 01 Apr 2021 07:56
Last Modified: 01 Apr 2021 07:56
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11301

Actions (login required)

View Item View Item