Huda, Nurul (2019) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Materi Keanekaragaman Suku Bangsa Dan Budaya Dengan Menggunakan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Siswa Kelas IV SDS Islam Al – Ghofari Jalan Platina V Titi Papan Medan Deli Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
SKRIPSI NURUL HUDA.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) hasil belajar siswa sebelum menngunakan model CTL, 2) hasil belajar siswa setelah menggunakan model CTL, 3) penerapan menggunakan model CTL pada Mata Pelajaran IPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas IV di SDS Islam al – Ghofari Titi Papan. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPS yang dikumpulkan melalui tes objektif pilihan ganda. Data dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan teknik persentase. Temuan penelitian ini sebagai berikut : 1) Hasil belajar siswa sebelum menggunakan Model CTL pada mata pelajaran IPS, dari 25 siswa sebanyak 13 siswa atau 52% sudah tuntas atau mencapai KKM. Sebanyak 12 siswa atau 48% belum tuntas atau belum mencapai KKM. Rata-rata kelas sebesar 77,16. 2) Hasil belajar siswa setelah menggunakan Model CTL pada mata pelajaran IPS, dari 25 siswa sebanyak 21 siswa atau 84% sudah tuntas atau mencapai KKM. Sebanyak 4 siswa atau 16% belum tuntas atau belum mencapai KKM. Rata-rata kelas sebesar 85,84. 3) Penerapan menggunakan Model CTL pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan 2 siklus.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 01 Apr 2021 04:46 |
Last Modified: | 01 Apr 2021 04:46 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11289 |
Actions (login required)
View Item |