Pengaruh Model Pembelajaran Inside Outside Circle Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Mamiyai Al-Ittihadiyah Medan Tahun Ajaran 2018/2019

Aini, Maysarah (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Inside Outside Circle Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Mamiyai Al-Ittihadiyah Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI BARU KALI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Inside Outside Circle Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Mamiyai AlIttihadiyah Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Postest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh sswa kelas V SD Mamiyai Al-Ittihadiyah Medan yang berjumlah 39 siswa dan sampelnya adalah kelas V-A yang berjumlah 19 siswa dan kelas V-B yang berjumlah 20 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling dengan jenis sampel jenuh. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berbentuk tes pilihan berganda. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji Independent Sample t Test dengan bantuan SPSS versi 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar IPA siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Inside Outside Circle memiliki nilai rata-rata post test 85, 26 berada dalam kategori baik. Sedangkan kelas dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional diperoleh rata-rata post-test 70,00 berada pada kategori cukup. Pada pengujian Independent Sample t Test diperoleh nilai thitung = 4,718 dan nilai Sig. (2-tailed) bernilai 0,000. Nilai distribusi ttabel dilihat berdasarkan df = 37 dengan taraf signifikan adalah 1,684. Karena nilai thitung > ttabel (4,718 > 1,684) dan Sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Inside Outside Circle terhadap hasil belajar IPA Siswa Kelas V SD Mamiyai Al-Ittihadiyah Medan Tahun Ajaran 2018/2019.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 28 Mar 2021 04:55
Last Modified: 28 Mar 2021 04:55
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11254

Actions (login required)

View Item View Item