Pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together dan Realistics Mathematic Education terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMA Negeri 11 Medan

Siregar, Nela Putriyani (2020) Pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together dan Realistics Mathematic Education terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMA Negeri 11 Medan. Universitas Islam negeri. (Tidak diterbitkan (Unpublished) )

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NELA PUTRIYANI SIREGAR.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Numbered Head Together lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan model pembelajaran Realistics Mathematic Education di kelas XI SMA Negeri 11 Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah peneltian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi adalah seluruh siswa kelas XI SMA Ngeri 11 Medan Tahun Ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 2 kelas dan berjumlah 60 siswa, yang juga dijadikan sampel pada penelitian ini. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah siswa adalah dengan menggunakan tes berbentuk uraian. Analisis data dilakukan dengan analisis vaian (ANAVA), Hasil Temuan ini menunjukkan : 1). Kemampuan berpikir kritis matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan model pembelajaran Realistics Mathematic Education pada materi turunan fungsi di kelas XI SMA Negeri 11 Medan; 2). Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together tidak lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan model pembelajaran Realistics Mathematic Education pada materi turunan fungsi di kelas XI SMA Negeri 11 Medan; 3). Kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan model pembelajaran Realistics Mathematic Education pada materi turunan fungsi di kelas XI SMA Negeri 11 Medan; 4). Terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran yang digunakan terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah matematika siswa pada materi turunan fungsi. Smpulan dalam penelitian ini menjelaskan bahwa kemampuan Berpikir Kritis danPemecahan Masalah Matematika siswa lebih sesuai diajarkan dengan Model Pembelajaran Numbered Head Together dari pada Model Pembelajaran Realistics Mathematic Education.

Jenis Item: Buku
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 27 Mar 2021 07:39
Last Modified: 27 Mar 2021 07:39
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11229

Actions (login required)

View Item View Item