Strategi Komunikasi Pengawas Dalam Meningkatkan Kemampuan Profesionalisme Guru Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 15 Langkat

Arifin, Zainal (2020) Strategi Komunikasi Pengawas Dalam Meningkatkan Kemampuan Profesionalisme Guru Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 15 Langkat. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
TESIS ZAINAL ARIFIN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Strategi komunikasi pengawas dalam meningkatkan Kemampuan Profesionalisme guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 15 Langkat; 2) Media yang digunakan pengawas dalam melaksanakan komunikasi di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 15 Langkat; dan 3) Faktor pendukung dan penghambat Strategi Komunikasi Pengawas dalam meningkatkan Kemampuan Profesionalisme guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 15 Langkat. Penelitian tesis ini ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik-teknik pengumpulan menggunakan teknik wawancara, observasi dan studi dukumen sedangkan untuk memperkuat kesahihan data hasil temuan dan keotentikan penelitian, maka peneliti mengacu kepada penggunaan standar keabsahan data terdiri dari creadibility, tranferability, dependability dan comfirmability. Hasil penelitian ini adalah: 1) Strategi komunikasi pengawas dalam meningkatkan kemampuan profesionalisme guru di MIN 15 Langkat dalam bentuk interpersonal dengan teknik terbuka, informatif, persuasif, edukatif dan instruktif; 2) Media digunakan pengawas dalam melaksanakan komunikasi di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 15 Langkat selain mengadakan tatap muka langsung juga menggunakan teknologi informasi komunikasi (TIK) dengan menggunakan aplikasi whatshapp dengan membuat grup untuk Madrasah Negeri 15 Langkat, media ini dianggap cukup efektif dalam melaksanakan kegiatan pembinaan madrasah secara keseluruhan termasuk secara khusus kepada kepala madrasah maupun guru; dan 3) Faktor pendukung efektifnya strategi komunikasi pengawas dalam meningkatkan kemampuan profesionalisme guru dikarenakan munculnya rasa kebersamaan dan kekeluargaan yang baik selama ini. Rasa kebersamaan dan kekeluargaan ini menjadikan ikatan yang kuat proses komunikasi di madrasah dan tidak ada hambatan yang berarti dalam berkomunikasi dengan pengawas, jikapun ada hanya bersifat pribadi dan tidak ada kaitannya dengan pelaksanaan tugas.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 26 Mar 2021 15:04
Last Modified: 26 Mar 2021 15:04
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11220

Actions (login required)

View Item View Item