Kesulitan Proses Berpikir Kreatif Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah Kelas X Di SMA Negeri 1 Na. IX-X Labuhanbatu Utara

Munthe, Sri Rahmadewi (2021) Kesulitan Proses Berpikir Kreatif Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah Kelas X Di SMA Negeri 1 Na. IX-X Labuhanbatu Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SRI RAHMADEWI MUNTHE (0305161030).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini disusun bertujuan untuk mengetahui 1) tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam pembelajaran berbasis masalah, dan 2) kesulitan proses berpikir kreatif matematis siswa menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini kelas X IPS-1 yang berjumlah 34 siswa. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes kemampuan berpikir kreatif, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diperoleh data, yaitu: 1) kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dari 34 siswa dalam satu kelas tersebut, didapat kriteria sangat tinggi sebanyak 2 siswa dengan persentase 5,88 %. Kriteria tinggi sebanyak 3 siswa dengan persentase 8,82 %. Kriteria sedang sebanyak 14 siswa dengan persentase 41,18 %. Kriteria rendah sebanyak 10 siswa dengan persentase 29,41 %. Kriteria sangat rendah sebanyak 5 siswa dengan persentase 14,71 % dan 2) Kesulitan-kesulitan yang dihadapi dalam berpikir kreatif matematis pada kelas X IPS-1 yaitu kesulitan dalam nenerapkan prinsip dan menyelesaikan masalah bersamaan dengan kekurangmampuan merinci pemecahan masalah yang ditandai dengan adanya kesuitan prinsip dan prosedur yang meliputi ketidakmampuan merencanakan penyelesaian, ketidakmampuan melakukan kegiatan penemuan, ketidakmampuan mengutarakan artinya dan tidak dapat menerapkan prinsip. Disamping itu juga, adanya ketidakmampuan memberikan ide, ketidakmampuan menyelesaikan masalah dari sudut pandang yang berbeda, ketidakmampuan menyelesaikan masalah dengan cara sendiri, dan ketidakmampuan memperinci masalah dengan detail.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 26 Mar 2021 13:52
Last Modified: 26 Mar 2021 13:52
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11215

Actions (login required)

View Item View Item