Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Dan Model Pembelajaran Guided Inquiry Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Mts Daarul Muhsinin Janji Manahan Kawat Labuhan Batu

Harahap, Nurbaiti (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Dan Model Pembelajaran Guided Inquiry Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Mts Daarul Muhsinin Janji Manahan Kawat Labuhan Batu. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Nurbaiti Harahap.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran kooperatif Tipe Make a Match terhadap hasil belajar siswa kelas VII Mts Daarul Muhsinin Janji Manahan Kawat Labuhan Batu dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Pembelajaran Guided Inquiry terhadap belajar siswa kelas VII Mts Daarul Muhsinin Janji Manhan Kawat Labuhan Batu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatak Quasi Experiment (Eksperimen semu). Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 38 siswa. Instrument tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam bentuk tes pilihan berganda berupa pre-test dan post-test sebanyak 20 soal yang telah divalidkan oleh dosen ahli dan siswa. Analisis data yang digunakan yaitu menggunakan menggunakan ttest. Temuan penelitian ini sebagai berikut: 1) Hasil belajar siswa kelas eksperimen 1 (VII A) dengan menggunakan Model Kooperatif Tipe make A Match diperoleh nilai rata-rata 79,44 sedangkan kelas Eksperimen 2 (VII B) dengan menggunakan model Guided Inquiry diperoleh nilai rata-rata 80,25. 2) Berdasarkan hasil belajar siswa terdapat pengaruh penggunaan model Kooperatif Tipe Make A Match pada proses pembelajaran Guided Inquiry. 3) Nilai hasil belajar siswa Hasil uji t menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) < 0,000 sehingga Ha diterima

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Make a Match, Guided Inquiry, Hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 26 Mar 2021 09:32
Last Modified: 26 Mar 2021 09:32
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11213

Actions (login required)

View Item View Item