Pengaruh Permainan Sains Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Hasan Asy’Ary Desa Alur gadung Tahun Ajaran 2020-2021

Gajah, Salamah Ain (2020) Pengaruh Permainan Sains Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Hasan Asy’Ary Desa Alur gadung Tahun Ajaran 2020-2021. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SALAMAH AIN GAJAH.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perkembangan kognitif anak usia dini pada kelas yang sudah menggunakan dan sebelum digunakannya permainan sains. 2) Adakah pengaruh penggunaan permainan sains terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di Raudhatul Athfal Hasan Asy‟Ary Desa Alur Gadung Tahun Ajaran 2020-2021 pada tanggal 02-06 November 2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain Quasi Eksperimental Desain dengan tipe non equivalent control group desain. Populasi penelitian ini bejumlah 28 anak. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Total Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembaran observasi, dokumentasi dan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis (menggunakan uji t). Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan permainan sains terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di Raudhatul Athfal Hasan Asy‟Ary Desa Alur Gadung. Hal ini dilihat dari hasil analisis data dengan menggunakan uji-t, diketahui nilai post-test dari kelas kontrol dan kelas eksperimen nilai thitung = 5,556 dengan taraf = 0,05 didapat tabel t pada dt 26 diperoleh nilai ttabel = 2,065. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa thitung > ttabel sehingga hasil penelitian adalah signifikan. Hal ini juga dibuktikan dengan hasil nilai rata-rata anak kelas eksperimen 7,78i dengan kelas kontrol 4,78 dengan perbedaan pengaruh sebesar 63% antara permainan sains (mencampur warna) dengan media puzzle angka terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun. Dengan demikian hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat dinyatakan bahwa Terdapat Pengaruh Yang Signifikan Pengaruh Permainan Sains Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di Raudhatul Athfal Hasan Asy‟Ary desa Alur Gadung Tahun Ajaran 2020-2021.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 26 Mar 2021 08:35
Last Modified: 26 Mar 2021 08:35
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11199

Actions (login required)

View Item View Item