Pengembangan Desain Pembelajaran Pendidikan Karakter Berbasis Transdisipliner Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Deli Serdang

Zebar, A. (2021) Pengembangan Desain Pembelajaran Pendidikan Karakter Berbasis Transdisipliner Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
DISERTASI_SIDANG_TERBUKA ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengembangan desain pembelajaran pendidikan karakter berbasis transdisipliner di MAN 2 Deli Serdang, (2) Kelayakan produk desain pembelajaran pendidikan karakter berbasis transdisipliner MAN 2 Deli Serdang, (3) Kepraktikalan produk desain pembelajaran pendidikan karakter berbasis transdisipliner MAN 2 Deli Serdang, dan (4) efektivitas produk desain pembelajaran pendidikan karakter berbasis transdisipliner MAN 2 Deli Serdang. Metode penelitian adalah RnD dengan model yang digunakan Sugiyono. Subjek penelitian adalah siswa MAN 2 Deli Serdang. Pemilihan subjek penelitian ditetapkan berdasarkan kebutuhan pengembangan desain pembelajaran. Produk yang didesain di validasi kelayakannya oleh ahli desain, ahli materi, dan ahli bahasa. Pengujian kepratikalan produk buku guru dilakukan oleh guru, sedangkan buku siswa dilakukan melalui tahapan perorangan, kelompok kecil dan kelompok lapangan. Pengujian efektivitas dilakukan dengan menggunakan N-Gain. Temuan penelitian menunjukkan: (1) pengembangan desain pembelajaran Pendidikan Karakter berbasis transdisipliner terdiri dari lima tahapan yaitu: tahap studi awal, tahap pra-pengembangan, tahap pengembangan produk, tahap uji coba produk dan tahap produk akhir, (2) kelayakan produk buku guru desain pembelajaran Pendidikan Karakter berbasis transdisipliner dilakukan oleh ahli desain, ahli materi dan ahli bahasa dengan skor 85 katageori sangat layak, sedangkan kelayakan buku siswa dengan skor 86 katageori sangat layak, (3) kepraktikalan buku guru dengan skor kumulatif adalah 85 kategori sangat praktis, sedangkan kepraktikalan buku siswa dengan skor kumulatif adalah 84 kategori sangat praktis, dan (4) efektifvitas produk desain pembelajaran Pendidikan Karakter berbasis transdisipliner diperoleh harga N-Gain 0,51 kategori sedang. Hal ini bermakna bahwa produk desain pembelajaran Pendidikan Karakter berbasis transdisipliner memiliki tingkat efektivitas sedang dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Doktor > Disertasi Doktor
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 22 Mar 2021 14:51
Last Modified: 22 Mar 2021 14:51
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11176

Actions (login required)

View Item View Item