Hiliani, Fitri (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Di SD Negeri 101748 Klumpang Kebun Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang T.A 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
SKRIPSI FITRI HILIANI PGMI 2016.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Di SD Negeri 101748 Klumpang Kebun Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif metode eksperimen dengan desain Quasy Eksperimen (Eksperimen Semu). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 101748 Klumpang Kebun yang berjumlah 42 orang. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik Total Sampling. Berdasarkan teknik tersebut, maka diperoleh kelas VA sebagai kelas eskperimen (dengan menggunakan model TGT berbantuan media question card) dan VB sebagai kelas kontrol (dengan menggunakan model pembelajaran konvensional). Analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji-test. Temuan penelitian ini sebagai berikut: 1) Hasil belajar IPS siswa kelas eksperimen (VA) memiliki rata-rata lebh tinggi dengan nilai 85,71 dibandingkan dengan kelas kontrol (VB) dengan nilai 61,90. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan Model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) berbantuan media question terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan menggunakan uji-t dengan diperolehnya thitung > ttabel yaitu 3,835 > 2,021 dengan taraf signifikan 0,05 atau 5% yang menyatakan diterimanya Ha dan ditolaknya HO. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) berbantuan media question berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dikelas V SD Negeri Klumpang Kebun.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 20 Mar 2021 09:19 |
Last Modified: | 20 Mar 2021 09:19 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11172 |
Actions (login required)
View Item |