Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Pantun Melalui Strategi Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Di Kelas IV SD Negeri 105328 Dagang Kerawan Tanjung Morawa (T.A 2018/2019

Susanti, Susi (2020) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Pantun Melalui Strategi Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Di Kelas IV SD Negeri 105328 Dagang Kerawan Tanjung Morawa (T.A 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
skripsi susi susanti.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)Hasil belajar siswa sebelum menggunakan strategi Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi Pantun Di Kelas IV SD Negeri 105328 Dagang Kerawan Tanjung Morawa (2) Hasil belajar siswa setelah menggunakan strategi Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) pada matapelajaranBahasa Indonesia materi Pantun di kelas IV SD Negeri 105328 Dagang Kerawan Tanjung Morawa (3) Penerapan strategi Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi Pantundi kelas IV SD Negeri 105328 Dagang Kerawan Tanjung Morawa. Jenis penelitian ini berupa PTK (PenelitianTindakanKelas), dengan subjek penelitian di kelas IV terdiri dari 24 siswa. (1) Berdasarkan hasil pemberian Tes Awal (Pra Siklus) diperoleh data hasil belajar siswa memiliki persentase ketuntasan klasikal dengan nilai rata-rata 41,67%. (2) Pada siklus I hasil belajar siswa memiliki persentase ketuntasan klasikal 58,33% dengan nilai rata-rata 67,91. (3) Pada siklus II hasil belaja rsiswa memiliki persentase ketuntasan klasikal 83,33% dengan nilai rata-rata 82,91. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa meningkatnya hasil belajar siswa dan minat belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran melalui penerapan model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC), yang dapat dilihat melalui minat belajar dan kinerja guru.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 20 Mar 2021 08:31
Last Modified: 20 Mar 2021 08:31
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11169

Actions (login required)

View Item View Item