Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Dan Make A Match Di Kelas VIII MTs Madinatussalam

Angkat, Ayu Novia Sari (2020) Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Dan Make A Match Di Kelas VIII MTs Madinatussalam. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI AYU NOVIA SARI ANGKAT (0305162109).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dan Make a Match di kelas VIII MTs Madinatussalam. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh kelas VIII di MTs Madinatussalam tahun ajaran 2020/2021 yang terdiri dari 5 kelas berjumlah 169 siswa. Adapun yang menjadi sampel penelitian adalah kelas VIII-1 dan VIII-2 yang masing-masing berjumlah 34 siswa untuk dijadikan kelas eksperimen I dan II yang diperoleh dengan cara cluster random sampling. Instrumen pretest dan post test yang digunakan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa ialah menggunakan tes berbentuk uraian. Analisis data dilakukan dengan analisis varians (ANAVA) dua jalur dan ngain. Adapun hasil temuan ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dan Make a Match pada materi pola bilangan di kelas VIII MTs Madinatussalam berdasarkan hasil uji analisis varians dua jalur bahwa nilai Fhitung (8,581) > Ftabel (3,986) dengan taraf ∝(0,05); 2) Tidak terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dan Make a Match pada materi pola bilangan di kelas VIII MTs Madinatussalam berdasarkan hasil uji analisis varians dua jalur bahwa nilai Fhitung (0,363) < Ftabel (3,986) dengan taraf ∝(0,05); 3) Tidak terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dan Make a Match pada materi pola bilangan di kelas VIII MTs Madinatussalam berdasarkan hasil uji analisis varians dua jalur dan n-gain bahwa nilai Fhitung (2,498) < Ftabel (3,986) dengan taraf ∝(0,05). Kesimpulan dalam penelitian ini menjelaskan bahwa tidak terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dan Make a Match di Kelas VIII MTs Madinatussalam.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 20 Mar 2021 08:24
Last Modified: 20 Mar 2021 08:24
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11168

Actions (login required)

View Item View Item