Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Resiprokal Pada Mata Pelajaran Fikih Siswa Madrasah Tsanawiyah Swasta Kelas VII Pondok Pesantren Ulumul Quran Jalan K.H. Wahid Hasyim No. 3, Kec. Stabat, Kab. Langkat

Khairulliza, Khairulliza (2020) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Resiprokal Pada Mata Pelajaran Fikih Siswa Madrasah Tsanawiyah Swasta Kelas VII Pondok Pesantren Ulumul Quran Jalan K.H. Wahid Hasyim No. 3, Kec. Stabat, Kab. Langkat. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
skripsi KHAIRULLIZA pdf.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) Hasil belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran resiprokal pada mata pelajaran Fikih di kelas VII MTs Swasta Pondok Pesantren Ulumul Quran. (2) Hasil belajar siswa sesudah menggunakan Model pembelajaran resiprokal pada mata pelajaran Fikih di kelas VII MTs Swasta Pondok Pesantren Ulumul Quran. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah kelas VII MTs Pondok Pesantren Ulumul Quran yang terdiri dari 26 siswa. Berdasarkan hasil penelitian bahwa: (1) Pada tes awal dari dari 26 orang yang menjadi objek dalam penelitian ini, ternyata hanya ada 6 orang siswa (23.08%) yang tuntas dalam pembelajaran, sedangkan selebihnya sebanyak 20 orang siswa (76.92) belum tuntas dalam pembelajaran. Nilai rata-rata kelas yang diproleh hanya mencapai 62,12 (tidak tuntas). (2) Pada siklus I dari 26 orang siswa yang menjadi objek dalam penelitian ini, ternyata hanya 9 orang siswa (34.62%) yang tuntas dalam pembelajaran, sedangkan selebihnya sebanyak 17 orang siswa (65.38%) /belum tuntas dalam pembelajaran. Nilai rata-rata yang diproleh mencapai 68,65 (sudah meningkat namun belum tuntas). (3) Pada siklus II dari 26 siswa yang menjadi objek dalam penelitian ini, sudah mencapai 23 orang (88.46%) yang tuntas dalam pembelajaran, dan hanya ada 3 orang siswa (11.54) beluam tuntas dalam pembelajaran. Nilai rata-rata yang diproleh hanya mencapai 87,12 (tuntas). Berdasarkan hal di atas maka model pembelajaran resiprokal dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 20 Mar 2021 08:20
Last Modified: 20 Mar 2021 08:20
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11167

Actions (login required)

View Item View Item