Penerapan Metode Al-Qosimi Dalam Pembelajaran Tahfizhul Qur’an Pada Kelas IX Di SMP Cerdas Murni Tembung

Elida, Elida (2020) Penerapan Metode Al-Qosimi Dalam Pembelajaran Tahfizhul Qur’an Pada Kelas IX Di SMP Cerdas Murni Tembung. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
ELIDA (0301163250).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan unuk mengetahui penerapan metode Al-Qosimi pada kelas IX di SMP Cerdas Murni Tembung. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskripsi. Teknik yang digunakan diantaranya adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan data. Dan penjaminan keabsahan data dalam penelitian ini yaitu perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Dalam pelaksanaan membimbing menghafal Al-Qur‟an dilaksanakan dengan menggunakan metode Al-Qosimi yang mudah dipahami (2) Peran guru dalam membimbing yaitu dilakukan dengan memberikan motivasi serta evaluasi (3) Faktor pendukung dan penghambat dalam kegiatan bimbingan menghafal Al-Qur‟an ini adanya ketersedian sarana dan prasarana belajar yang memadai, kemudian ditemukan penghambatnya bahwa tidak semua siswa bisa menghafal Al-Qur‟an sesuai target yang ditentukan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 20 Mar 2021 02:52
Last Modified: 20 Mar 2021 02:52
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11156

Actions (login required)

View Item View Item