Upaya Meningkatkan Perkembangan Moral Anak Melalui Media Audio Visual Di Kelompok B Al-Mukhlisin Mandala Kec. Percut Sei Tuan Kab. Deli Serdang TA. 2017/2018

Ramadani, Atia (2019) Upaya Meningkatkan Perkembangan Moral Anak Melalui Media Audio Visual Di Kelompok B Al-Mukhlisin Mandala Kec. Percut Sei Tuan Kab. Deli Serdang TA. 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
SKRIPSI_ATIA_RAMADANI_FULL952[1].pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan moral anak melalui media audio-visual di kelompok B RA Al-Mukhlisin Mandala, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang T.A.2017/2018 dengan berbagai masalah dan cara penyelesaiannya. Media audio-visual dipilih karena dapat mendorong anak untuk meningkatkan sikap patuh terhadap peraturan dan tata tertib sekolah serta dapat bertanggung jawab atas tugas yang diberikan oleh guru. Subjek pada penelitian ini adalah 24 anak kelompok B RA Al-Mukhlisin Mandala yang terdiri dari 9 anak laki- laki dan 15 anak perempuan. Sedangkan objek pada penelitian ini yaitu perkembangan moral anak yang meliputi enam indikator yaitu tepat waktu saat sampai di sekolah, baris-berbaris dengan rapi, menjaga kebersihan, mengerjakan tugas rumah, mengerjakan tugas sekolah, dan mengembalikan barang teman yang dipinjam. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila perhitungan persentase menunjukkan 75% anak mengalami peningkatan perkembangan moral melalui media audio-visual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan moral anak meningkat setelah adanya tindakan melalui media audio-visual. Pada saat dilakukan observasi pratindakan, persentase perkembangan moral sebesar 38.8%, kemudian mengalami peningkatan pada Siklus Isebesar 56% dan pada pelaksanaan Siklus II juga mengalami peningkatan sebesar 73% Selanjutnya karena Siklus I dan II belum mencapai target capaian, maka dilakukan Siklus III, pada pelaksanaannya mengalami peningkatan yang sangat baik yaitu 85.39%. Langkah-langkah yang ditempuh sehingga perkembangan moral anak meningkat: kegiatan pra- pengembangan, kegiatan pengembangan, dan kegiatan penutup. Pemberian pengarahan aktif dilakukan pada saat kegiatan pengembangan dan pemberian reward pada saat kegiatan penutup

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 19 Mar 2021 08:25
Last Modified: 19 Mar 2021 08:25
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11126

Actions (login required)

View Item View Item