Mursida, Anisah (0087) Pengembangan Media Pembelajaran Berbahan Tutup Botol Bekas Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 5 – 6 Tahun Di RA Al- Hafizh H. Ali Tanjung Morawa Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
SKRIPSI SIDANG MUNAQOSAH ANISAH MURSIDA.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan: (1) Proses Pembuatan Media Pembelajaran Berbahan Tutup Botol Bekas. (2) Kelayakan Media Pembelajaran Berbahan Tutup Botol BekasUntuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 5 – 6 Tahun . (3) Keefektivitasan Media Pembelajaran Berbahan Tutup Botol Bekas Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 5 – 6 Tahun. Penelitian ini dilaksanakan di RA Al- Hafizh H. Ali Tanjung Morawa Tahun Ajaran 2019/2020 pada semester genap.Penelitian ini dilakukan dengan model penelitian pengembangan (R & D) model pengembangan Borg & Gall. Pengumpulan data pada penelitian ini dengan cara angket validator, lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mendapat skor persentasi media kelayakan 93,75 %. dinyatakan “sangat layak”. Penilaian oleh ahli materi mendapat persentasi kelayakan 91,66 % dinyatakan “sangat layak”. Uji coba produk dilakukan dengan dua tahap yaitu tahap pemilaian produk oleh guru RA Al- Hafizh H. Ali Tanjung Morawa diperoleh persentase kelayakan 92,70%. dinyatakan “sangat layak”. Tahap uji coba mendapat persentase BSH yaitu 76,19 % dan BSB yaitu 23,81 %. Uji kefektifan pengembangan media pembelajaran memiliki rata rata gain score 56,75 dengan klasifikasi sangat tinggi.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 19 Mar 2021 07:54 |
Last Modified: | 19 Mar 2021 07:54 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11114 |
Actions (login required)
View Item |