Peran Guru PAI Dalam Mendidik Sikap Religius Siswa Di SMP Negeri 1 Sosa Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas

Hasibuan, Ardina Khoirunnisa (2019) Peran Guru PAI Dalam Mendidik Sikap Religius Siswa Di SMP Negeri 1 Sosa Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ARDINA KHOIRUNNISA HSB-1.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Bagaimana peran guru PAI dalam mendidik sikap religius siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sosa Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas. 2) Apa faktor penghambat guru PAI dalam mendidik sikap religius siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Sosa Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas. 3) Apa faktor pendukung guru PAI dalam mendidik sikap religius siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Sosa Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas. Adapun metode yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan jenis pendekatan fenomenologis, pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa: 1) Adapun peran guru PAI dalam mendidik sikap religius siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sosa Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas. Pertama, sebagai pembimbing yaitu dengan melalui dua cara diantaranya sebagai berikut: melalui pendidikan atau pembelajaran di dalam kelas, dengan menggunakan beberapa cara, yaitu: melalui pengawasan, melalui pembiasaan, melalui contoh/keteladanan, melalui kegiatan di luar kelas, seperti kegiatan ekstrakulikuler, melakukan peringatan hari besar Islam. Kedua, sebagai penasehat yaitu dengan cara menasehati siswa-siswinya melalui kegiatan belajar mengajar. 2) Adapun faktor penghambat guru PAI dalam mendidik sikap religius siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Sosa Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas. Pertama,faktor penghambat: kurang maksimalnya dukungan orang tua, sarana dan prasarana yang masih kurang. 3) Adapun faktor pendukung guru PAI dalam mendidik Sikap religius siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Sosa Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas. Pertama, faktor pendukung: dukungan dari semua pihak sekolah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 19 Mar 2021 07:14
Last Modified: 19 Mar 2021 07:14
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11100

Actions (login required)

View Item View Item