Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Yang Diajarkan Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example Dan Make A Match Kelas VIII SMP Swasta Al-Hikmah Medan

Reggina, Pingkan (2021) Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Yang Diajarkan Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example Dan Make A Match Kelas VIII SMP Swasta Al-Hikmah Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI REGGINA PINGKAN 0305163172.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example dan Make A Match kelas VIII SMP Swasta Al-Hikmah Medan. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian seluruh kelas VIII berjumlah 10 kelas. sampel dilakukan dengan cara Cluster Random Sampling, sehingga diperoleh kelas VIII-9 eksperimen I dan kelas VIII-10 eksperimen II masing-masing 30 siswa. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes yaitu pre tes dan post tes berbentuk uraian. Analisis data dilakukan dengan analisis varians (ANAVA) dua jalur dan N-Gain dengan taraf ∝(0,05). Hasil temuan menunjukkan : 1) terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example dan Make A Match dengan nilai Fhitung (4.251) > Ftabel (4.007). 2) tidak terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example dan Make A Match dengan nilai F hitung (1.722) < F tabel (4.007). 3) terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example dan Make A Match, dengan nilai F hitung (5.784) > F tabel (3.923). 4) tidak terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran terhadap kemampuan matematika siswa, dengan nilai F hitung (0.390) < F tabel (3.923) . Kesimpulan dalam penelitian ini menjelaskan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan model kooperatif tipe Example Non Example dan Make Match.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 19 Mar 2021 06:55
Last Modified: 19 Mar 2021 06:55
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11095

Actions (login required)

View Item View Item