Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Peduli Kasih Laut Dendang Kec. Percut Sei Tuan

Sari, Selviana (2020) Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Peduli Kasih Laut Dendang Kec. Percut Sei Tuan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SELVIANASARI PIAUD-1 (0308162046).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) pengaruh metode bercerita terhadap interaksi sosial anak usia 5-6 tahun di RA Peduli Kasih Laut Dendang, 2) pengaruh metode tanya jawab terhadap interaksi sosial anak usia 5-6 tahun di RA Peduli Kasih Laut Dendang, 3) perbedaan pengaruh antara metode bercerita dengan metode tanya jawab terhadap interaksi sosial anak usia 5-6 tahun di RA Peduli Kasih Laut Dendang Kec. Percut Sei Tuan TA 2019/2020. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, jenis penelitian menggunakan Quasi Eksperimen Design, dimana menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jumlah populasi anak ialah 30 anak, yaitu 15 anak kelas anggur dan 15 anak di kelas apel. Tekhnik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan tekhnik tekhnik Boring / Total Sampling dengan jumlah sample 15 anak di kelas eksperimen dan 15 anak di kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tekhnik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (menggunakan uji-t). Hasil penelitian ini adalah 1) adanya pengaruh metode bercerita terhadap interaksi sosial anak usia 5-6 tahun di RA Peduli Kasih dengan nilai t hitung = 5,040 > ttabel = 2,160. 2) ada pengaruh metode tanya jawab terhadap interaksi sosial anak usia 5-6 tahun di RA Peduli Kasih dengan t hitung = 4,509 > t tabel = 2,160. 3) adanya perbedaan pengaruh antara metode bercerita dengan metode tanya jawab terhadap interaksi sosial anak usia 5-6 tahun di RA Peduli Kasih dengan nilai thitung = 14,024 > nilai ttabel = 2,04841

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 19 Mar 2021 06:20
Last Modified: 19 Mar 2021 06:20
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11083

Actions (login required)

View Item View Item