Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Di Madrasah Aliyah Swasta Nurul Hakim

Daulay, Chairunnisa (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Di Madrasah Aliyah Swasta Nurul Hakim. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
SKRPSI CHAIRUNNISA DAULAY_FITK_TADRIS BIOLOGI_STAMBUK 2016.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X IPA Madrasah Aliyah Swasta Nurul Hakim. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment (eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA Madrasah Aliyah Swasta Nurul Hakim yang berjumlah 60 siswa. Sampel yang digunakan adalah kelas X IPA A sebagai kelas kontrol berjumlah 30 siswa dan kelas X IPA B sebagai kelas eksperimen berjumlah 30 siswa. Instrument penelitian yang digunakan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa yaitu menggunakan Lembar angket aktivitas belajar siswa yang berisi 8 komponen indikator aktivitas belajar sedangkan untuk hasil belajar siswa yaitu menggunakan pretest dan posttest berupa pilihan berganda sebanyak 30 butir soal yang telah divalidkan oleh dosen ahli dan siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji hipotesis. Hasil rekapitulasi penilaian aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan aktivitas belajar siswa pada kelas kontrol. Dengan nilai persentase kelas eksperimen sebesar 61,3%−97,7% kategori sangat aktif, sedangkan nilai persentase kelas kontrol sebesar 34,7%−67,7% kategori aktif. Nilai aktivitas belajar siswa menunjukkan kelas eksperimen > kelas kontrol, sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil belajar rata-rata pada kelas eksperimen (X IPA B) dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) adalah sebesar 79,56 dan hasil belajar rata-rata pada kelas kontrol (X IPA A) dengan menggunakan model pembelajaran konvensional adalah sebesar 62,83. Berdasarkan hasil analisis nilai thitung > ttabel yaitu 8.5265 > 2.0006 pada taraf α = 0,05 yang artinya bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individuallization (TAI) pada materi Ekosistem di Kelas X IPA Madrasah Aliyah Swasta Nurul Hakim

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 19 Mar 2021 03:20
Last Modified: 19 Mar 2021 03:20
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11056

Actions (login required)

View Item View Item