Perbedaan Komunikasi Matematis Siswa Dan Motivasi Belajar Siswa Yang Diajar Melalui Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Dan Talking Stick Pada Materi Program Linear Di Kelas XI MAN 2 Labura

Azizah, Nur (2020) Perbedaan Komunikasi Matematis Siswa Dan Motivasi Belajar Siswa Yang Diajar Melalui Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Dan Talking Stick Pada Materi Program Linear Di Kelas XI MAN 2 Labura. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Nur Azizah.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar melalui model pembelajaran student facilitator and explaining dan talking stick pada materi program linear kelas XI di MAN 2 LABURA, 2) Perbedaan motivasi belajar siswa yang diajar melalui model pembelajaran student facilitator and explaining dan talking stick pada materi program linear kelas XI di MAN 2 LABURA, 3) Perbedaan komunikasi matematis siswa dan motivasi belajar siswa yang diajar melalui model pembelajaran student facilitator and explaining dan talking stick pada materi program linear kelas XI di MAN 2 LABURA. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI MAN 2 LABURA tahun pembelajaran 2020/2021 yang berjumlah 220 siswa. Sampel yang digunakan oleh peneliti kelas XI-MIPA 2 sebagai kelas eksperimen 1 yang diajarkan melalui model pembelajaran student facilitator and explaining dan kelas XIMIPA 3 sebagai kelas eksperimen 2 yang diajarkan melalui model pembelajaran talking stick dengan masing-masing berjumlah 16 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen soal tes kemampuan komunikasi matematis siswa dan angket motivasi belajar siswa. Analisis dilakukan dengan analisis varians (ANAVA) dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar melalui model pembelajaran student facilitator and explaining dan talking stick dengan Fhitung > Ftabel yakni 22,771 > 4,171. 2) Tidak terdapat perbedaan motivasi belajar siswa yang diajar melalui model pembelajaran student facilitator and explaining dan talking stick dengan Fhitung > Ftabel yakni 0,181 < 4,171. 3) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi siswa dan motivasi belajar siswa yang diajar melalui model pembelajaran student facilitator and explaining dan talking stick dengan Fhitung > Ftabel yakni 12,8854 > 4,0011.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 19 Mar 2021 03:15
Last Modified: 19 Mar 2021 03:15
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11055

Actions (login required)

View Item View Item