Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Terhadap Kemampuan Komunikasi Siswa Kelas V SD Negeri 112331 Aek Kota Batu Labura Pada Mata Pelajaran IPA

Siregar, Miftahur Rahma (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Terhadap Kemampuan Komunikasi Siswa Kelas V SD Negeri 112331 Aek Kota Batu Labura Pada Mata Pelajaran IPA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MIFTAHUR RAHMAH SIREGAR 2021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran kolaboratif bertujuan memaksimalkan proses kerjasama yang berlangsung secara alamiah diantara peserta didik dan menghargai pentingnya konteks sosial bagi proses belajar. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kolaboratif terhadap kemampuan komunikasi IPA. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Negeri 112331 Aek Kota Batu Labura. Sampel ditentukan melalui teknik Total Sampling. Berdasarkan teknik tersebut, maka diperoleh kelas VA sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas VB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes esai. Data dianalisis dengan menggunakan uji hipotesis (uji t). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi IPA siswa yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Kolaboratif lebih tinggi dari kemampuan komunikasi IPA siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Kemampuan komunikasi IPA di kelas eksperimen (VA) dengan Model Pembelajaran Kolaboratif diperoleh rata-rata postest yaitu 76,9, sedangkan pada kelas kontrol (VB) dengan model pembelajaran konvensional diperoleh rata-rata postest 63,25. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 7,41 > 2,024 pada taraf signifikasi = 0,05. Hal ini berarti hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima dan dinyatakan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari penggunaan Model Pembelajaran Kolaboratif terhadap kemampuan komunikasi siswa kelas V SD Negeri 112331 Aek Kota Batu Labura pada mata Pelajaran IPA. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya diharapkan penelitian ini bisa menjadi bahan referensi dan juga menjadi bahan koreksi bagi penyempurnaan penyusunan penelitian selanjutnya

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 19 Mar 2021 03:11
Last Modified: 19 Mar 2021 03:11
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11052

Actions (login required)

View Item View Item