Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPS Kelas V Di SD Swasta Budi Satrya Medan

Siahaan, Sri Defi (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPS Kelas V Di SD Swasta Budi Satrya Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SRIDEFI SIAHAAN LENGKAP.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Mengetahui hasil belajar IPS siswa yang diajarkan tanpa menggunakan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaning (SFE) di kelas V SD Swasta Budi Satrya Medan Jalan letda Sujono 2) Mengetahui hasil belajar IPS siswa yang diajarkan dengan menggunakan menggunakan Model Pembelajaran SFE di kelas V SD Swasta Budi Satrya Medan Jalan letda Sujono 3) Mengetahui pengaruh Model Pembelajaran SFE Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa kelas V di SD Swasta Budi Satrya Medan Jalan letda Sujono . Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif metode eksperimen dengan desain Quasy Eksperimen (Eksperimen Semu). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Swasta Budi Satrya Medan Jalan letda Sujono yang berjumlah 72 orang. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik Total Sampling. Berdasarkan teknik tersebut, maka diperoleh kelas V-A sebagai kelas eskperimen (dengan menggunakan model Student Facilitator and Explaning) dan V-B sebagai kelas kontrol (dengan menggunakan model pembelajaran konvensional). Analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji-test. Berdasarkan Hsil uji t diperolehnya nilai thitung> ttabel yaitu 6.378 > 1.692 dengan taraf signifikan 0,05 atau 5% yang menyatakan diterimanya Ha dan ditolaknya HO. Maka dapat disimpulkan bahwa model Student Facilitator and Explaning berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dikelas V SD Swasta Budi Satrya Jalan letda Sujono no 166.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 17 Mar 2021 07:37
Last Modified: 19 Mar 2021 03:40
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11046

Actions (login required)

View Item View Item