Siagian, Yopi Amryansyah Putra (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SDN 015930 Alang Bon-bon Kabupaten Asahan Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
SKRIPSI YOPI AMRYANSYAH PUTRA SIAGIAN FULL.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD), 2) Hasil belajar dengan model konvensional, dan 3) Pengaruh signifikan dalam menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar IPA siswa. Sedangkan permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Terdapat pengaruh yang positif dari penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Dapat dilihat dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung> ttabel yaitu 7,186>1,664. Hal ini berarti hipotesis diterima maka terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas IV Sekolah Dasar Negeri 015930 Alang Bon-Bon Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) mengalami peningkatan.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 17 Mar 2021 06:33 |
Last Modified: | 17 Mar 2021 06:33 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11045 |
Actions (login required)
View Item |