Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Materi Sistem Pernapasan Yang Terintegrasi Al-Qur’an Surah AlAn’am Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTs.S PPM Babussalam

Agusna, Sri (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Materi Sistem Pernapasan Yang Terintegrasi Al-Qur’an Surah AlAn’am Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTs.S PPM Babussalam. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SriAgusna_TBIO.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan yang terintegrasi Al-Qur’an surah Al-An’am di kelas VIII MTs.S PPM Babussalam. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 108 siswa. Sampel yang digunakan adalah kelas VIII-1 sebagai kelas kontrol berjumlah 27 siswa dan kelas VIII-3 sebagai kelas eksperimen berjumlah 27 siswa . Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji hipotesis. Hasil rata-rata pada kelas eksperimen adalah 84.00 dikategorikan baik dalam memenuhi nilai KKM dan rata-rata pada kelas kontrol adalah 76.71 dikategorikan baik dalam memenuhi nilai KKM. Hasil analisis nilai t-hitung sebesar 4.425 > nilai t-tabel 2.006, yang artinya bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan ada pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTs.S PPM Babussalam. Hasil dari nilai post test siswa setelah menerapkan model pembelajaran tipe jigsaw pada materi sistem pernapasan yang terintegrasi Al-Qur’an surah Al-An’am juga memiliki pengaruh besar. Selain berpengaruh terhadap hasil belajar secara ilmiah, siswa juga memiliki peningkatan pengetahuan dari segi agama. Secara keseluruhan jawaban siswa termasuk kriteria baik.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Tipe Jigsaw, Sistem Pernapasan Terintegrasi Al-Qur’an dan Hasil belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Yuliarita Yuliarita
Date Deposited: 16 Mar 2021 08:52
Last Modified: 16 Mar 2021 08:52
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11036

Actions (login required)

View Item View Item