Pengembangan Model Pendidikan Akhlak Anak Usia 4-10 Tahun Dalam Al-Qur’an dan Hadist Pada Kegiatan Parenting di TK IT Bunayya 7 Al-Hijrah

Nisa, Khairatun (2021) Pengembangan Model Pendidikan Akhlak Anak Usia 4-10 Tahun Dalam Al-Qur’an dan Hadist Pada Kegiatan Parenting di TK IT Bunayya 7 Al-Hijrah. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
TESIS KHAIRATUN NISA (0331183002).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di TK Islam Terpadu Bunayya 7 Al-Hijrah. Waktu penelitian dilaksanakan pada Oktober s/d November 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pelaksanaan Pengembangan Model Pendidikan Akhlak Anak Usia 4-10 Tahun Dalam Al-Qur’an dan Hadist Pada Kegiatan Parenting di TK Islam Terpadu Bunayya 7 Al-Hijrah, 2) Langkah-langkah pengembangan panduan orangtua Model Pendidikan Akhlak Anak Usia 4-10 Tahun Dalam Al-Qur’an dan Hadist Pada Kegiatan Parenting di TK Islam Terpadu Bunayya 7 Al-Hijrah, 3) Pelaksanaan Model Pendidikan Akhlak Anak Usia 4-10 Tahun Dalam Al-Qur’an dan Hadist dengan menggunakan panduan orangtua Pada Kegiatan Parenting di TK Islam Terpadu Bunayya 7 Al-Hijrah, 4) Tanggapan peserta terhadap modul Pendidikan Akhlak Anak Usia 4-10 Tahun Dalam Al-Qur’an dan Hadist Pada Kegiatan Parenting di TK Islam Terpadu Bunayya 7 Al-Hijrah, 5) Hasil evaluasi kegiatan Pendidikan Akhlak Anak Usia 4-10 Tahun Dalam Al-Qur’an dan Hadist Pada Kegiatan Parenting di TK Islam Terpadu Bunayya 7 Al-Hijrah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan R & D (Research and Development) dari Borg dan Gall. Tehnik analisis yang digunakan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa: 1) Pelaksanaan Pendidikan Akhlak Anak Usia 4-10 Tahun Dalam Al-Qur’an dan Hadist Pada Kegiatan Parenting di TK Islam Terpadu Bunayya 7 Al-Hijrah sebelum penelitian hanya sebatas pelibatan orangtua dalam kegiatan sekolah, 2) Langkah-langkah pengembangan panduan orangtua model Pendidikan Akhlak Anak Usia 4-10 Tahun Dalam Al-Qur’an dan Hadist Pada Kegiatan Parenting di TK Islam Terpadu Bunayya 7 Al-Hijrah dilakukan dengan merujuk kepada 10 langkah bpenelitian Borg and Gall, 3) Pendidikan Akhlak Anak Usia 4-10 Tahun Dalam Al-Qur’an dan Hadist Pada Kegiatan Parenting dengan menggunakan panduan orangtua di di TK Islam Terpadu Bunayya 7 Al-Hijrah dilakukan dengan tiga tahap, yaitu: tahap uji coba terbatas, uji coba lebih luas, dan uji coba kelayakan model (operasional), tanggapan peserta terhadap modul Pendidikan Akhlak Anak Usia 4-10 Tahun Dalam Al-Qur’an dan Hadist Pada Kegiatan Parenting, yaitu: menarik,mudah dipahami, penyajian yang baik bagi orangtua dan anak, membantu dalam mengajarkan dan mengenalkan pendidikan akhlak kepada anak selama di rumah, kegiatan bermain peran dan melakukan tes yang telah disediakan, bahasa yang mudah dipahami, serta penyajian yang tersusun secara sistematis dan 5) Hasil evaluasi pada pengetahuan, sikap, dan keterampilan orangtua setelah mengikuti kegiatan Pendidikan Akhlak Anak Usia 4-10 Tahun Dalam Al-Qur’an dan Hadist Pada Kegiatan Parenting dengan menggunakan panduan orangtua di di TK Islam Terpadu Bunayya 7 Al-Hijrah menunjukkan perbedaan yang signifikan.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Pendidikan Akhlak Anak, Usia 4-10 Tahun, Kegiatan Parenting
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Master Pendidikan Agama Islam > Thesis
Pengguna yang mendeposit: Mrs Yuliarita Yuliarita
Date Deposited: 16 Mar 2021 08:39
Last Modified: 16 Mar 2021 08:39
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11034

Actions (login required)

View Item View Item