Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Speed Reading Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SDN 064969 Sidorejo Hilir, Medan Tembung

Hidayah, Widya Ayu (2020) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Speed Reading Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SDN 064969 Sidorejo Hilir, Medan Tembung. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI WIDYA AYU HIDAYAH PDf.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian: (1) Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi Pantun sebelum menggunakan metode Speed Reading (2) Untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Speed Reading pada mata pelajaran Bahasa Indoensia materi Pantun (3) Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa setelah menerapkan metode Speed Reading pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi Pantun. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan tahapan berupa siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 064969 Sidorejo Hilir, Kecamatan Medan Tembung di semester II sebanyak 21 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Kemampuan pemahaman siswa mengenai materi Pantun sebelum menggunakan metode Speed Reading dengan persentase 40%. (2) Proses penerapan metode pembelajaran Speed Reading pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi Pantun di kelas IV SDN 064969 Sidorejo Hilir, Kecamatan Tembung berjalan dengan baik sesuai dengan RPP yang telah direncanakan. Hal ini dapat dilihat dari kesungguhan belajar siswa dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran dan juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. (3) Kemampuan pemahaman siswa mengenai materi Pantun setelah menggunakan metode Speed Reading yaitu pada siklus I siswa yang tuntas berjumlah 14 orang atau dengan persentase 63,85%. Selanjutnya pada siklus II siswa yang tuntas berjumlah 18 orang atau dengan persentase 71,19%. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam memahami materi Pantun pada mata pelajaran Bahasa Indonesia telah mencapai tingkat ketuntasan belajar klasikal

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 15 Mar 2021 07:57
Last Modified: 15 Mar 2021 07:57
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11014

Actions (login required)

View Item View Item