Pengembangan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills)Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Tema Berbagai Pekerjaan Subtema Jenis-Jenis Pekerjaan di Kelas IV MIS Islamiyah Sunggal

Purba, Mhd. Alfach Reza Basni (2020) Pengembangan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills)Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Tema Berbagai Pekerjaan Subtema Jenis-Jenis Pekerjaan di Kelas IV MIS Islamiyah Sunggal. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MHD. ALFACH REZA BASNI PURBA 1.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Peran guru pada Kurikulum 2013 adalah sebagai fasilitator yang bertugas memfasilitasi siswa dalam proses pembelajaran sehingga siswa memperoleh pengalaman belajar yang nyata. Untuk menjadi fasilitator dalam proses pembelajaran guru harus mengetahui dan menguasai apa saja yang diperlukan dalam proses pembelajaran, salah satunya LKPD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui LKPD Tematik berbasis HOTS yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan berpikir tingkat tinggi siswa kelas IV MIS Islamiyah Sunggal. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian pengembangan (R&D). Desain dari penelitian ini menggunakan desain Borg and Gall yang diadopsi oleh Sugiyono. Hasil penelitian, LKPD Tematik berbasis HOTS berdasarkan nilai yang diberikan oleh validator ahli meliputi ahli desain, materi, bahasa, dan pembelajaran dinyatakan valid memperoleh nilai 91,6% dengan kategori “Sangat Layak”. LKPD Tematik berbasis HOTS dinyatakan praktis, hal ini diperoleh dari kuesioner yang diisi 21 responden setelah menggunakan LKPD memperoleh nilai 84,15% dengan kategori “Sangat Layak”. LKPD Tematik berbasis HOTS untuk meningkatkan berpikir tingkat tinggi siswa dinyatakan efektif, hal ini dilihat dari nilai rata-rata sebelum menggunakan LKPD, yaitu 53,10 dan sesudah menggunakan LKPD, yaitu 84,52. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKPD Tematik berbasis HOTS untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dinyatakan valid, praktis, dan efisien.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 15 Mar 2021 07:57
Last Modified: 15 Mar 2021 07:57
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11013

Actions (login required)

View Item View Item