Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Membina Perilaku Prososial Siswa MTs Swasta Al-Jamiatul Washliyah Tembung Medan

Harahap, Rizky Ramadhan (2020) Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Membina Perilaku Prososial Siswa MTs Swasta Al-Jamiatul Washliyah Tembung Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRRIPSI LENGKAP RIZKY.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di MTs Swasta Al-Jamiatul Washliyah Tembung Medan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Mendeskripsikan perilaku Prososial Siswa 2) Upaya Guru BK dalam Membina perilaku Prososial siswa 3) Hal menghambat pembinaan Perilaku Prososial siswa Subjek dari penelitian ini adalah siswa-siswi MTs Al-Jamiatul Washliyah Tembung dan guru bimbingan dan konseling. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pengamatan langsung/observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan tiga tahapan proses, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa 1) Bentuk Perilaku Prososial siswa MTs S Al-Jamiatul Washliyah Tembung seperti membantu teman yang kesusahan, jujur dalam bertindak, mampu bekerjasama dengan baik dan tidak egois. 2) Upaya yang dilakukan guru bimbingan dan konseling dalam Membina Perilaku Prososial adalah dengan melaksanakan Layanan Informasi dengan baik dan Benar serta rutin dalam melaksanakan layanan informasi ke tiap-tiap kelas guna mengontrol perilaku prososial siswa dan guru BK mencerminkan perilaku prososial yang baik agar dapat di contoh oleh semua peserta didik. 3) Hambatan dalam dalam pembinaan adalah masih adanya miss konsepsi mengenai guru BK yang dikatakan polisi sekolah, kondisi ruang BK yang tidak di lengkapi dengan Ruang Konseling, waktu penjelasan materi yang kurang banyak menyebabkan penyapaian materi tidak tersampaikan dengan detail.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 15 Mar 2021 07:32
Last Modified: 15 Mar 2021 07:32
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11010

Actions (login required)

View Item View Item