Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TS�TS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V MIS Islamiyah GUPPI T.A 2019/2020

Kautsarah, Hasna (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TS�TS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V MIS Islamiyah GUPPI T.A 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsii Hasna Kautsarah.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pemilihan model pembelajaran yang tepat dapat membantu siswa dalam meningkatkan pemahaman, keberanian, serta kemampuannya untuk berbicara dan menyampaikan suatu informasi di depan umum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model pembelajaran Two Stay Two terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V MIS Islamiyah GUPPI. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment (eksperimen semu). Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Dalam desain ini sampel dipilih secara Simple Random Sampling. Sampel yang digunakan peserta didik kelas V yang berjumlah 60 siswa. 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji Shapiro-Wilk, uji Wilcoxon, dan uji hipotesis Mann-Whtiney dengan menggunakan tarafsignifikansi ∝ = 0,05. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penggunaan model pembelajaran Two Stay Two Stray dilihat dari perolehan nilai pretest 67,17 dan nilai posttest 82,73 dengan selisih rata-rata kenaikan hasil belajar 15,56. 2) Penggunaan model pembelajaran ceramah memperoleh nilai pretest 65,77dan nilai posttest 78,83 dengan selisih rata-rata kenaikan hasil belajar 13,06. 3) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar siswa. Dianalisis dengan uji wilcoxon dan diperoleh hasil bahwa Asym Sig < tarafsignifikan yaitu 0,000 < 0,05. Sebagai hasil akhir dilakukan uji hipotesis Mann-Whitney dan diperoleh hasil signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,048 < 0,05 sehingga berdasarkan kriteria pengambilan keputusan maka H0 ditolak H

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray, Hasil Belajar Siswa Bahasa Indonesia
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Yuliarita Yuliarita
Date Deposited: 12 Mar 2021 08:36
Last Modified: 12 Mar 2021 08:36
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10990

Actions (login required)

View Item View Item