Putri, Ika Anindia (2021) Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Teknik Keliling Kelas Berbantu Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Reproduksi di Kelas XI MAS PPM Babussalam. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
Skripsi_Ika Anindia_Tbio.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari pembelajaran kooperatif teknik keliling kelas berbantu mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem reproduksi di kelas XI MAS PPM Babussalam. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu (Quasi Eksperiment). Instrumen yang digunakan yaitu tes berbentuk pilihan berganda berjumlah 36 soal yang telah divalidasi. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAS PPM Babussalam dengan jumlah siswa 43 orang yang terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas XI A dengan jumlah siswa 20 orang dan kelas XI B dengan jumlah siswa 23 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel total atau sampling jenuh. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji T dengan taraf signifikansi = 0,05 dan diuji melalui program IBM SPSS 20. Dari hasil analisis hasil belajar siswa diperoleh yaitu nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05 dan nilai t-hitung sebesar 4,076 > 2,019. Berdasarkan hipotesis penelitian, jika nilai sig (2-tailed) < 0,05 dan nilai t-hitung > t-tabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, terdapat pengaruh pembelajaran kooperatif teknik keliling kelas berbantu mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem reproduksi di kelas XI MAS PPM Babussalam. Adapun rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 87,49 dan dan rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol adalah 81,51.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar Siswa, Mind Mapping, Pembelajaran Kooperatif Teknik Keliling Kelas |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 12 Mar 2021 06:03 |
Last Modified: | 12 Mar 2021 06:03 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10984 |
Actions (login required)
View Item |