Pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SD Negeri 064969 Kelurahan Sidorejo Hilir Kecamatan Medan Tembung

Fitri, Raidani (2021) Pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SD Negeri 064969 Kelurahan Sidorejo Hilir Kecamatan Medan Tembung. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RAIDANI FITRI PGMI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) perbedaan setelah diterapkan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas IV SDN 064969 Kelurahan Sidorejo Hilir Kecamatan Medan Tembung (2) seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas IV SDN 064969 Kelurahan Sidorejo Hilir Kecamatan Medan Tembung (3) pengaruh penggunaan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri 064969. Penelitian ini merupakan metode kuantitatif eksperimen jenis Quasi Eksperimental Design dengan tipe pretest-posttest group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa/i kelas IV yang berjumlah sebanyak 43 siswa yang terdiri dari 2 kelas, sedangkan sampel penelitian adalah siswa/i kelas IV A yang berjumlah 23 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa/i kelas IV B yang berjumlah 20 orang sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini menggunakan tes berupa soal pretest dan posttest. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, studi dokumentasi, dan tes. Sedangkan teknik analisis data dengan uji t. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata pada pre-test yaitu 45,5 dan post-test 66,5. Sedangkan kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata pada pre-test 53,1dan post-test 89,6. Berdasarkan hasil perhitungan uji t, terdapat pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri 064969. Hal ini dibuktikan dengan hasil hipotesis dimana taraf = 0,05, dimanathitung = 9,665 dan ttabel = 2,021., dan dilihat dari hasil uji t yang menunjukkan bahwa thitung> ttabel yaitu 9,665 > 2,021, maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran SAVI, hasil belajar bahasa Indonesia
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 12 Mar 2021 05:49
Last Modified: 12 Mar 2021 05:49
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10981

Actions (login required)

View Item View Item