Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Materi Keberagaman Budaya Bangsaku Melalui Model Numbered Head Together (NHT) Di Kelas IV MIS Ibnu Halim Medan Tahun Ajaran 2020/2021.

Zai, Anggi Junaidah (2020) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Materi Keberagaman Budaya Bangsaku Melalui Model Numbered Head Together (NHT) Di Kelas IV MIS Ibnu Halim Medan Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ANGGI ZAI PERPUS-dikonversi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Hasil belajar siswa sebelum diterapkan Model Numbered Head Together 2) Penerapan Model Numbered Head Together materi Keberagaman Budaya Bangsaku 3) Hasil belajar siswa setelah diterapkan Model Numbered Head Together di kelas IV Mis Ibnu halim Medan. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sedangkan instrumen pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di Mis Ibnu Halim Medan Tahun ajaran 2020/2021. Berdasarkan analisis data bahwa Hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial sebelum menggunakan model Numbered Head Together dengan persentase nilai rata-rata kelas mencapai 47,22 % dari 36 siswa. Terdapat 6 siswa ( 16,66%) yang mendapat hasil belajar yang tuntas dan 30 siswa (83,33%) masuk dalam kategori belum tuntas belajar . Kemudian pada siklus I Hasil belajar siswa dengan menggunakan model Numbered Head Together meningkat menjadi sebesar 66,11%, kemudian pada siklus II dengan memaksimalkan model Numbered Head Together hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 77,77%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi keberagaman budaya bangsaku.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Siswa, Model Numbered Head Together (NHT)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 12 Mar 2021 05:22
Last Modified: 12 Mar 2021 05:22
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10978

Actions (login required)

View Item View Item