Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Di Lingkungan Desa Sei Mencirim

Cahyati, Ragilia Mei (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Di Lingkungan Desa Sei Mencirim. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RAGILIA MEI CAHYATI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan dari penelitian yang telah saya lakukan di kelas X siswa di lingkungan Desa Sei Mencirim, pada pembelajaran sebelumnya yang mereka gunakan guru hanya menggunakan model pembelajaran yang konvensional, oleh karena itu dalam hal ini peneliti menggunakan strategi pembelajaran yang mana nantinya akan membuat peserta didik lebih aktif, tidak mudah bosan dan lebih cepat dalam memahami materi yang diajarkan. Dalam hal ini yang melatarbelakangi terjadinya penelitian ini dikarenakan rendahnya hasil belajar yang diperoleh disebabkan oleh guru kurang memiliki variasi dalam mengajar, sehingga hal ini membuat peserta didik mudah bosan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh hasil belajar biologi siswa kelas X di Lingkungan Desa Sei Mencirim yang diajar dengan Model Pembelajaraan Kooperatif Tipe Group Investigation (GI), dan Model Pembelajaran Inkuiri.Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasy Eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X di Lingkungan Desa Sei Mencirim Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 110 siswa. Sampel yang digunakan peneliti dalam penelitian ini diperoleh dengan cara ClusterRandom Sampling. Instrument tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah dengan mengunakan tes berbentuk pilihan berganda. Analisis data dilakukan dengan analisis One Way Anova yang dilanjutkan dengan Post Hoc Test dengan uji LSD. Hasil temuan ini menunjukkan bahwa hasil belajar biologi peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaraan kooperatif tipe Group Investigation (GI) dan model pembelajaran inkuiri lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar biologi peserta didik yang diajarkan dengan model konvensional. Hasil belajar biologi di kelas X kelompok Group Investigation (GI) diperoleh rata-rata pretest yaitu 61,73 dan posttest yaitu 86,46. Pada model pembelajaran Inkuiri diperoleh rata-rata pretest yaitu 63,46 dan posttest yaitu 92,6. Sedangkan untuk hasil belajar biologi siswa kelas X yang diajarkan dengan model konvensional memperoleh nilai rata-rata pretest yaitu 46,53 dan posttest yaitu 65,53. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis pada model pembelajaran Group Investigation (GI) dan model pembelajaran Inkuiri dengan analisis One Way Anovayang dilanjutkan dengan Post Hoc Test dengan uji LSD diperoleh nilai sig 0,000 < 0,05 pada taraf signifikan α = 0,05. Maka dari hasil pengujian hipotesis dalam penelitian ini dari hasil nilai signifikan yang diperoleh bahwasanya Ha dapat diterima dan dapat dinyatakan bahwasanya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari penggunaan model pembelajaran Group Investigation (GI) dan model pembelajaran inkuiri pada kelas X di Lingkungan Desa Sei Mencirim pada materi ekosistem.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 09 Mar 2021 13:54
Last Modified: 09 Mar 2021 13:54
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10961

Actions (login required)

View Item View Item