Pengaruh Model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Pada Pelajaran Fikih Di MTs Swasta Al Washliyah 01 Medan

Nasution, Indah Wahyu Afriliya (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Pada Pelajaran Fikih Di MTs Swasta Al Washliyah 01 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
PDF SKRIPSI Indah Wahyu Afriliya Nasution.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) penerapan model pembelajaran inside outside circle (IOC) pada mata pelajaran fikih, (2) motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fikih, dan (3) pengaruh model inside outside circle (IOC) terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fikih. Penelitian ini menggunakan pendekatan quasi experiment yang dilaksanakan di MTs Swasta Al Washliyah 01 Medan. Dan terdiri dari 2 kelas dengan populasi 91 siswa dan ditarik sampel dengan menggunakan teknik simple random sampling sehingga sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 73 siswa yang terbagi menjadi dua kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan teknik analisis statistik deskriptif, uji normalitas dengan menggunakan uji lilifors, untuk uji reabilitas dengan uji fisher, dan untuk uji hipotesis menggunakan uji t-independent. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung : 7.70907511  ttabel : 1.99394 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima dengan signifikan 0.05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dengan penerapan model pembelajaran inside outside circle (IOC) terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fikih kelas VIII di MTs Swasta Al Washliyah 01 Medan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC), Motivasi Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Yuliarita Yuliarita
Date Deposited: 09 Mar 2021 09:11
Last Modified: 09 Mar 2021 09:11
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10959

Actions (login required)

View Item View Item