Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis Melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) dan Think Talk Write (TTW) pada Materi Pola Bilangan di Kelas VIII MTs. Swasta Madinatussalam Tembung

Sundari, Sri (2020) Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis Melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) dan Think Talk Write (TTW) pada Materi Pola Bilangan di Kelas VIII MTs. Swasta Madinatussalam Tembung. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL SUNDARI FINAL.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep dan berpikir kritis melalui strategi pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dan Think Talk Write (TTW) pada materi pola bilangan di kelas VIII MTs. Swasta Madinatussalam Tembung. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan desain quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh kelas XI kelas VIII MTs. Swasta Madinatussalam Tembung.tahun ajaran 2020-2021 yang berjumlah 5 kelas. Sampel yang digunakan oleh peneliti adalah kelas VIII-4 dan VIII-5 yang masing- masing berjumlah 33 siswa untuk dijadikan kelas eksperimen I dan II. Kedua kelas tersebut diperoleh dengan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes berbentuk uraian guna mengukur kemampuan pemahaman konsep dan berpikir kritis siswa pada materi pola bilangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah Anava satu jalur dan N-Gain dengan menggunakan Microsoft Excel. Adapun hasil temuan ini menunjukkan : 1) Tidak terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep siswa yang di ajar dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan strategi pembelajaran kooperatif tipe Think, Talk, Write (TTW) pada materi Pola Bilangan di Kelas VIII MTs. Swasta Madinatussalam dengan Fhitung= 0,931 < Ftabel = 3,991 dengan taraf α(0,05). Diperoleh N-Gain = 0,734 dengan kategori peningkatan tinggi untuk kemampuan pemahaman konsep siswa yang di ajar dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan N-Gain = 0,747 dengan kategori peningkatan tinggi untuk kemampuan pemahaman konsep siswa yang di ajar dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe Think, Talk, Write (TTW). 2) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang di ajar dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan strategi pembelajaran kooperatif tipe Think, Talk, Write (TTW) pada materi Pola Bilangan di Kelas VIII MTs. Swasta Madinatussalam Tembung dengan Fhitung= 4,867 > Ftabel = 3,991 dengan taraf α(0,05). Diperoleh N-Gain = 0,651 dengan kategori peningkatan sedang untuk kemampuan berpikir kritis siswa yang di ajar dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan N-Gain = 0,722 dengan kategori peningkatan tinggi untuk kemampuan berpikir kritis siswa yang di ajar dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe Think, Talk, Write (TTW). Berdasarkan data tersebut, disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan strategi pembelajaran kooperatif tipe Think, Talk, Write (TTW) dengan peningkatan N- Gain yang sama tinggi. Dan terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang di ajar dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan strategi pembelajaran kooperatif tipe Think, Talk, Write (TTW) dengan peningkatan strategi pembelajaran kooperatif tipe Think, Talk, Write (TTW) lebih baik dibandingkan Numbered Head Together (NHT) berdasarkan analisis N-Gain.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemahaman Konsep, Berpikir Kritis, Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT), dan Think Talk Write (TTW)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Yuliarita Yuliarita
Date Deposited: 09 Mar 2021 08:42
Last Modified: 09 Mar 2021 08:42
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10956

Actions (login required)

View Item View Item