Implementasi Layanan Penguasaan konten dalam kegiatan bimbingan dan konseling islami untuk peningkatan Self Efficacy Siswa Kelas 1 MAN 1 Medan

Lubis, Saiful Akhyar and Neliwati, Neliwati and Ferizal, Ferizal (2019) Implementasi Layanan Penguasaan konten dalam kegiatan bimbingan dan konseling islami untuk peningkatan Self Efficacy Siswa Kelas 1 MAN 1 Medan. Edu-Riligia : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan, 3 (4). pp. 561-572. ISSN E-ISSN 2581-0251 P-ISSN 2597-7377

[img]
Preview
Text
Implementasi Layanan Saiful Akhya Lubis dkk.pdf

Download (180kB) | Preview

Abstract

Kecemasan yang dialami siswa ketika menghadapi pelajaran tertentu dapat timbul bukan hanya disebabkan oleh beban yang dirasa bisa mengancam, tetapi juga dikarenakan bagaimana persepsi siswa terhadap kemampuannya untuk menyelesaikan tugas yang diberikan tersebut yang merupakan self-efficacy. Peran guru pembimbing sangat penting, karena kebutuhan mereka harus dipenuhi, seperti kebutuhan akan perhatian, bimbingan dalam menghadapi permasalahan belajarnya sehingga lebih mampu dalam meningkatkan aktualisasi diri dalam aktivitas belajarnya. Apabila keadaan ini tidak diberikan perhatian dan bimbingan maka bisa memberikan dampak pada diri siswa untuk melakukan tindakan yang kurang baik seperti suka bolos dari sekolah, berkelahi dengan teman dan sebagainya. Agar siswa dapat menumbuhkan rasa percaya diri dan mampu mengarahkannya menjadi individu yang berkembang secara optimal maka dibutuhkan suatu bantuan seperti diberikannya bimbingan dan konseling di sekolah terutama dengan pembinaan belajar dengan memberikan layanan penguasaan konten. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana program bimbingan dan konseling yang dilaksanakan, bagaimana implementasi layanan penguasaan konten dalam pembinaan self efficacy, bagaimana peran implementasi layanan penguasaan konten dalam peningkatan self efficacy, apa hambatan dan bagaimana upaya mengatasi implementasi layanan penguasaan konten dalam peningkatan self efficacy siswa kelas I MAN 1 Medan. Penilitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data penelitian yang dilakukan adalah dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Teknik penjamin keabsahan data dengan cara kredibilitas, transferabilitas, defendabilitas dan konfirmabilitas.

Jenis Item: Artikel
Uncontrolled Keywords: Layanan Penguasaan Konten, Self Efficacy
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 26 Feb 2021 06:52
Last Modified: 26 Feb 2021 06:52
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10889

Actions (login required)

View Item View Item