Penguasaan Keterampilan Variasi Mengajar Guru PKn dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MIS Nurul Hadina Patumbak 2017/2018

Anggraini, Dede (2018) Penguasaan Keterampilan Variasi Mengajar Guru PKn dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MIS Nurul Hadina Patumbak 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
DEDE-ANGGRAINI pdf.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Sesusai dengan masalah, penelitian ini bertujuan: (1) Penguasaan Keterampilan Variasi Mengajar Guru Pkn MIS Nurul Hadina, (2) factor penghambat dalam menerapkan keterampilan variasi, (3) faktor pendukung dalam meningkatkan keterampilan mengajar. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif-Naturalistik yaitu berupa data-data dan tertulis maupun lisan dari orang dan perilaku yang diamati. Subjek dalam penelitian adalah guru PKn kelas V MIS Nurul Hadina Patumbak. Dalam proses pengumpulan data peneliti menggunakan tig metode pengumpulan data yaitu, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memfokuskan pada hal-hal yang menjadi pokok bahasan , trianguasi data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa, (1) penguasaan guru PKn dalam menerapkan keterampilan variasi mengajar baik dan cukup menguasai, hal ini dilihat dari data yang diperoleh penulis melalui wawancara, dan dokumentasi lainnya yang ditemukan dilapangan. (2) adapun yang menjadi faktor penghambat guru PKn MIS Nurul Hadina dalam menerapkan keterampilan variasi mengajar melalui yang didapatkan peneliti dilapangan adalah waktu belajar yang lama dan karakter belajar anak yang berbeda-beda. (3) dan yang menjadi faktor pendukung dalam menerapkan keterampilan mengajar adalah fasilitas yang disediakan oleh pihak sekolah dan pelatihan yang diadakan oleh sekolah. Dengan demikian penelitian kualitatif ini dikatakan berhasil, sehingga peneliti merekomendasikan penguasaan keterampilan variasi mengajar guru PKn dalam meningkatkan hasil belajar siswa di MIS Nurul Hadina Patumbak.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 24 Feb 2021 16:45
Last Modified: 24 Feb 2021 16:45
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10881

Actions (login required)

View Item View Item