Integrasi Pembelajaran Berbasis Lingkungan Pada Mata Pelajaran PAI Untuk Meningkatkan Kepedulian Siswa Terhadap Lingkungan Sekolah Di Yayasan Karya Bunda

Marpaung, Syafruddin (2019) Integrasi Pembelajaran Berbasis Lingkungan Pada Mata Pelajaran PAI Untuk Meningkatkan Kepedulian Siswa Terhadap Lingkungan Sekolah Di Yayasan Karya Bunda. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SYAFRUDDIN MARPAUNG.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Lingkungan merupakan anugrah bersar yang diberikan Allah SWT kepada manusia sebagai khalifah fi al-ardh. Oleh karena itu, manusia harus dapat melestarikan lingkungan dengan sebaik-baiknya. Rumusan masalah yang diajukan pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kepedulian siswa terhadap lingkungan di yayasan Karya Bunda? 2) Bagaimana pelaksanaan integrasi pembelajaran berbasis lingkungan pada mata pelajaran PAI di yayasan Karya Bunda? Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang dilakukan secara alamiah dengan memanfaatkan peneliti sebagai instrument penelitian. Subjek penelitian ini adalah guru PAI, kepala sekolah, dan siswa Yayasan Karya Bunda. Data diambil melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Data dinanalisis berdasarkan reduksi data, penyajian data, dan penrikan kesimpulan. Hasil penelitin ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Siswa di yayasan Karya Bunda menunjukkan kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan sekolah. Dimana siswa dapat menerapkan perilaku membuang sampah pada tempatnya, menggunakan air dan listrik secara hemat. Menjadi piket penjaga kebersihan lingkungan kelas masing-masing yang disusun secara terjadwal. 2) Pelaksanaan integrasi pembelajaran PAI berbasis lingkungan di Yayasan Karya Bunda dilaksanakan melalui; Perencanaan pembelajaran sesuai dengan standar kurikulum, visi misi sekolah, dan konsep pembelajaran yang menarik dan inovatif; 2) Proses pembelajaran berlangsung efektif dan menyenangkan. Dimana guru mengelola pembelajaran dengan baik, dan siswa juga antusias mengikuti proses pembelajaran; 3) Hasil belajar siswa meningkat setelah selesai pembelajaran PAI, dimana siswa dapat mengerjakan PR yang diberikan guru dengan baik, UTS yang diberikan guru dapat diikuti siswa dengan baik dan memeproleh nilai yang baik, dan UAS yang diberikan guru dapat diikuti siswa dan memeproleh nilai yang baik.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 24 Feb 2021 04:02
Last Modified: 24 Feb 2021 04:02
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10872

Actions (login required)

View Item View Item