Pengaruh Model Discovery Learning Dan Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas V MI Nurul Iman Tanjung Morawa

Nurazizah, Nurazizah (2020) Pengaruh Model Discovery Learning Dan Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas V MI Nurul Iman Tanjung Morawa. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Nurazizah-dikonversi (2).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Hasil belajar tematik peserta didik dengan menggunakan model discovery learning di kelas V MI Nurul Iman Tanjung Morawa. 2) Hasil belajar tematik peserta didik dengan menggunakan model problem based learning di kelas V MI Nurul Iman Tanjung Morawa. 3) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara model discovery learning dan problem based learning terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas V MI Nurul Iman Tanjung Morawa. Metodologi penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V MI Nurul Iman Tanjung Morawa, dan sampel yang dipilih dalam penelitian ini adalah kelas V-B (kelas eksperiment discovery learning dan problem based learning) dan V-C (kelas kontrol). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar tematik peserta didik yang diajarkan dengan model discovery learning dan problem based learning (VB) lebih tinggi dari hasil belajar tematik siswa yang diajarkan dengan model konvensional (V-C). Hasil belajar tematik di kelas eksperimen dengan model discovery learning diperoleh rata-rata postest yaitu 85,89. Pada model problem based learning diperoleh rata-rata 84,10. Sedangkan pada kelas kontrol (V-C) diperoleh rata-rata postest yaitu 72,5. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis pada kelas eksperimen dengan model discovery learning dengan uji Wilcoxon diperoleh nilai sig 0,000 < 0,05 pada taraf signifikasi α = 0,05. Begitu pula pada model problem based learning diperoleh nilai sig 0,000 < 0,05 pada taraf signifikasi α = 0,05. Hal ini berarti hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima dan dinyatakan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari penggunaan model discovery learning dan problem based learning pada pembelajaran tematik siswa dikelas V MI Nurul Iman Tanjung Morawa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 21 Feb 2021 02:56
Last Modified: 21 Feb 2021 02:56
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10850

Actions (login required)

View Item View Item