Peran Guru PAI Dalam Penerapan Disiplin Belajar Siswa di SMP Gajah Mada Kecamatan Medan Timur Kota Medan

Waruwu, Kadirman (2019) Peran Guru PAI Dalam Penerapan Disiplin Belajar Siswa di SMP Gajah Mada Kecamatan Medan Timur Kota Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Kadirman Waruwu Terbaru1.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru PAI dalam penerapan disiplin belajar di SMP Gajah Mada Kecamatan Medan Timur Kota Medan. Peran guru PAI yang dimaksud adalah sebagai pembimbing, teladan, motivator dan evaluator. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan metodologi pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumen. Sumber data yang digunakan adalah primer dengan wawancara kepada guru PAI, kepala sekolah dan siswa. Setlah data terkumpul, kemudian data dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman dengan proses reduksi data, penyajian data, hingga penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil penelitian ini menunjukkan pertama peranan guru PAI sebagai pembimbing mampu mengidentifikasi siswa yang diduga mengalami kesulitan dalam belajar, melakukan diagnosa, prognosa, dan kalau masih dalam batas kewenangannya, harus membantu pemecahannya (remedial teaching). Kedua peranan guru PAI sebagai teladan mampu menjadi model dalam kedisplinan di sekolah, seperti disiplin waktu. Ketiga peranan guru PAI sebagai motivator mampu memberikan dorongan atau rangsangan kepada peserta didik untuk mendinamisasikan potensi, menumbuhkan swadaya dan kreatifitas sehingga siswa dapat disiplin dalam mengerjakan tugas, diskusi kelompok, memberikan pertanyaan dan semangat dalam mengikuti pelajaran di sekolah. Keempat peranan guru PAI sebagai evaluator mampu memberikan penilaian secara objektif terhadap siswa yang telah disiplin belajar dengan memberikan reward dan punishment terhadap siswa yang tidak disiplin belajar disertai bimbingan terhadap siswa tersebut. Adapun faktor pendukung peran guru PAI dalam penerapan disiplin belajar siswa yaitu peranan orang tua sebagai controlling siswa di rumah untuk senantiasa disiplin belajar. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu lingkungan siswa yang tidak disiplin akan dapat mempengaruhi kedisplinan siswa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru PAI, Disiplin Belajar
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 19 Feb 2021 03:44
Last Modified: 19 Feb 2021 03:44
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10839

Actions (login required)

View Item View Item