Perbedaan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa yang diajar dengan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dan Tipe STAD di Kelas X Pondok Pesantren Darul Qur’an

Purnamasari, Desi (2020) Perbedaan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa yang diajar dengan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dan Tipe STAD di Kelas X Pondok Pesantren Darul Qur’an. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Desi Purnamasari skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan koneksi matematis siswa dapat dilihat dari penggunaan koneksi matematis yang digunakan siswa dalam menyelesaikan permasalahan antar topik matematika, antar disiplin ilmu dan dalam aktivitas kehidupan sehari- hari. Kemampuan koneksi matematis siswa dapat dibentuk dengan baik melalui penerapan strategi pembelajaran kooperatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Kemampuan koneksi matematis siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT); 2) Kemampuan koneksi matematis siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD); 3) Perbedaan kemampuan koneksi matematis siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD). Jenis penelitian ini adalah Eksperimen Semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Pondok Pesantren Darul Qur‟an. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X Agama 2 sebagai kelas yang diajar menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe TGT dan kelas X Agama 1 sebagai kelas yang diajar menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD. Data diperoleh dari tes awal dan tes akhir dengan 6 butir soal tes kemampuan koneksi matematis siswa. Data dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, diperoleh : 1) Kemampuan koneksi matematis siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe TGT menunjukkan peningkatan setelah dilakukan perlakuan, dengan nilai rata-rata tes awal 53,33 menjadi 77,76; 2) Kemampuan koneksi matematis siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD menunjukkan peningkatan setelah dilakukan perlakuan, dengan nilai rata-rata tes awal 53,73 menjadi 65,9; 3) Terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan koneksi matematis siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD. Kemampuan koneksi matematis siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih baik dibandingkan dengan kemampuan koneksi matematis siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Koneksi Matematis, Teams Games Tournament (TGT), Student Team Achievement Division (STAD)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 19 Feb 2021 02:50
Last Modified: 19 Feb 2021 02:50
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10835

Actions (login required)

View Item View Item