Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Energi Alternatif dan Penggunaannya Melalui Model Science, Environment, Technology, Society (SETS) Di Kelas IV SD Negeri 112200 Labuhanbilik

Aslamiyah, Suaibatu (2020) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Energi Alternatif dan Penggunaannya Melalui Model Science, Environment, Technology, Society (SETS) Di Kelas IV SD Negeri 112200 Labuhanbilik. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SUAIBATUL ASLAMIYAH.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Hasil belajar siswa sebelum menggunakan model Science, Environment, Technology, Society (SETS) pada mata pelajaran IPA materi Energi Alternatif dan Penggunaannya Di Kelas IV SD Negeri 112200 Labuhanbilik (2) Hasil belajar siswa setelah menggunakan model Science, Environment, Technology, Society (SETS) pada mata pelajaran IPA materi Energi Alternatif dan Penggunaannya Di Kelas IV SD Negeri 112200 Labuhanbilik (3) Penerapan model Science, Environment, Technology, Society (SETS) pada mata pelajaran IPA materi Energi Alternatif dan Penggunaannya Di Kelas IV SD Negeri 112200 Labuhanbilik. Jenis penelitian ini berupa PTK (Penelitian Tindakan Kelas), dengan subjek penelitian di kelas IV terdiri dari 35 siswa. (1) Berdasarkan hasil pemberian Tes Awal (Pra Siklus) diperoleh data hasil belajar siswa memiliki persentase ketuntasan klasikal 31,42% dengan nilai rata-rata 63,57. (2) Pada siklus I hasil belajar siswa memiliki persentase ketuntasan klasikal 42,85% dengan nilai rata-rata 64,57. (3) Pada siklus II hasil belajar siswa memiliki persentase ketuntasan klasikal 77,14%dengan nilai rata-rata 78. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa meningkatnya hasil belajar siswa dan minat belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran melalui penerapan model Science, Environment, Technology, Society (SETS) dapat dilihat melalui minat belajar dan kinerja guru.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Science, Environment, Technology, Society (SETS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 18 Feb 2021 01:46
Last Modified: 18 Feb 2021 01:46
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10829

Actions (login required)

View Item View Item