Teknik konselor menumbuhkan motivasi pecandu narkoba untuk pemulihan diri di panti sosial Putra Pamardi Insyaf kota Medan

Wahyu, Arief Fadli (2021) Teknik konselor menumbuhkan motivasi pecandu narkoba untuk pemulihan diri di panti sosial Putra Pamardi Insyaf kota Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ARIF FADLI WAHYU (12144009).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana teknik konselor menumbuhkan motivasi pecandu narkoba untuk pemulihan diri. Penelitian ini dilaksanakan di Panti Sosial Pamardi Putra Insyaf Medan. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang berdasarkan riset lapangan (field reseach) serta yang menjadi informan penelitian ini sebanyak 8 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang kemudian dianalisis dengan menggunakan analisi data kualitatif model interaktif, yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menumbuhkan motivasi pecandu narkoba dalam pemulihan diri perlu dilakukan peran konselor adiksi sebagai role model dengan membentuk pola mpikir yang baik. Konselor pun menekankan teknik Therapeutic Community (TC) yang ada didalamnya membahas tentang konsep kekeluargaan kepada residen. Dengan ini konselor mampu memberikan menumbuhkan motivasi pecandu narkoba agar dapat pulih kembali sembuh. Proses konselor menumbuhkan motivasi bagi pecandu narkoba ini memiliki berbagai hambatan yang berasal dari residen maupun dari lingkungannya atau keluarganya. Adapun hambatan yang berasal dari residen adalah masih ada residen yang masih menutup diri dan ada yang sudah setengah gila, tidak mempedulikan lingkungan sekitar sehingga tidak serius menjalani program yang dilakukan konselor adiksi, bahkan ada juga yang mencoba kabur dari panti tersebut. Sedangkan hambatan dari keluarga/ lingkungannya yaitu jarang mendukung atau memberikan stigma yang buruk kepada reseden atas proses pemulihan yang dijalani residen.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Konselor, motivasi, pecandu narkoba, pemulihan diri, Panti sosial Pamardi Putra Insyaf
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 158 Applied psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 11 Feb 2021 05:26
Last Modified: 11 Feb 2021 05:26
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10795

Actions (login required)

View Item View Item