Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Terhadap Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dan Tipe Pair Checks Di Kelas XI MA Al Washliyah T.P 2020/2021

Sari, Yohana Yunita (2020) Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Terhadap Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dan Tipe Pair Checks Di Kelas XI MA Al Washliyah T.P 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Yohana Yunita Sari.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar matematika siswa salah satunya ditentukan oleh kemampuan berpikir kreatif matematika. Kemampuan Berpikir Kreatif siswa dapat dibentuk dengan baik melalui penerapan strategi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa yang dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan tipe Pair Checks pada materi matriks. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI MA Al Washliyah Tahun Pelajaran 2020/2021. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu random sampling. Sampel dalam penelitian ini terdiri dri dua kelas yaitu XIA berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen I (kelas Think Pair Share) dan siswa kelas XI-B berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen II (kelas Pair Checks). Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari soal tes kemampuan berpikir kreatif matematika berupa tes awal dan tes akhir. Berdasarkan pengujian hipotesis statistik dengan uji-t pada taraf signifikan 0,05 didapat hasil -thitung lebih kecil dibandingkan -ttabel (-2,0976 < -2,0018), sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini menunjukkan: terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe Pair Checks lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share di kelas XI MA Al Washliyah Tahun Pelajaran 2020/2021.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 09 Feb 2021 02:38
Last Modified: 09 Feb 2021 02:38
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10764

Actions (login required)

View Item View Item